RSS

Jumat, 20 November 2009

IrMa Itu Jualan Apa Aja Sih?

Ini nih pertanyaan yang banyak dilontarkan, terutama bagi mereka yang awam dengan bisnis online dan IrMa (Internet Marketing). Saat teman-teman sekantor mengintip websiteku, pertanyaan mereka selalu: “Trus yang kamu jual apa?” atau “Trus dapet duitnya darimana?”. Nah, mungkin anda sudah tahu dikit tentang Google Adsense. Sebenarnya masih banyak cara mendapat penghasilan di IrMa. Ayo kita pelajari satu-persatu ya… Dari sini anda bisa menentukan model yang cocok buat blog/situs anda.

1. Pay Per Click (PPC)
Ini adalah istilah untuk penghasilan yang anda dapet bila ada yang mengklik iklan yang anda pasang di blog/situs anda. Buat yang membuat blog/situs berbahasa Inggris, pakailah Google Adsense. Pembayarannya nanti dalam US Dollar, dan bisa diberikan berupa cek yang dikirim ke alamat kita atau sekarang bisa melalui Western Union (langsung cair dalam Rp ke account bank kita yang bekerja sama dengan Western Union). Kalo yang berbahasa Indonesia, pakai aja PPC lokal seperti Adsense Camp dan Kumpul Blogger. Penghasilannya dalam Rp. Selama ini aku hanya pake Google Adsense, jadi aku ga bisa mengatakan perbandingannya.

PPC ini tidak mensyaratkan PR tertentu buat blog/situs. Bahkan situs yang PR-nya masih 0 pun boleh mengikuti Google Adsense asal situsnya memang bagus (isinya) dan paling tidak berisi 10-an halaman.

2. Affiliate
Affiliate artinya menjualkan produk milik pihak lain di blog/situs kita. Banyak vendor (penjual produk) yang ingin agar pasar barangnya lebih luas tanpa harus menambah jumlah kantor cabang. Caranya adalah merekrut para affiliate yang memiliki blog/situs pribadi yang isinya berhubungan dengan barang yang dijual vendor itu. Misalnya ada vendor yang jualan baju senam, pasti dia akan menolak kalo anda mendaftar dengan situs tentang ‘memelihara anjing’, hehehe…

Itulah mengapa blog/situs kita harus mengacu pada niche tertentu. Supaya pengunjung blog/situs kita itu tertarget, dan mereka pasti target yang pas untuk produk yang kita jual atau iklan yang kita pasang.

Setelah kita diterima menjadi affiliate, kita akan diberi banner atau link promosi yang mereka sediakan. Kita tinggal memasangnya di blog kita, dan…menunggu sampai ada orang yang tertarik untuk mengklik link itu, masuk ke situs vendor dan membeli barang. Kita akan dapat komisi atas setiap transaksi yang datang dari link di blog/situs kita. Biasanya affiliate tidak mensyaratkan PR tertentu juga.

3. Review Job
Anda pasti sudah pernah dengar yang ini kan? Ada banyak teman-teman blogger yang menangguk penghasilan lumayan dari membuat review. Blogvertise adalah yang paling besar selama ini, dan review anda pasti dibayar. Aku sendiri belum berpengalaman dalam hal review job, mending anda belajar pada yang lebih pengalaman aja deh… O ya, kalo tak salah review job ini ada syarat PR tertentu yang harus dipenuhi.

4. Jual Produk
Apa bedanya dengan affiliate? Kalo affiliate kita hanya memasang link vendor aja. Pembeli akan bertemu dengan Penjual dan bertransaksi sendiri, sedang kita hanya menyediakan link dan menunggu pembayaran aja. Kalau jual produk, berarti kita sendiri punya produk atau teman yang titip produk untuk kita jualkan. Kalau ada yang membeli, kita sendiri yang mengurus transaksi ini, dan pembayarannya juga masuk ke kita. Contohnya seperti Vixxio Buku Bekas Online milikku (hehehe…Fanda nih…kok ya sempet-sempetnya promosi!!).

Kelemahannya memang kita jadi ribet, harus sering-sering mengupdate koleksi barang, harus membuat promosi, dsb. Sedang kalo affiliate kita tinggal nurut aja ama vendornya. Kelebihannya tentu untungnya lebih gede ketimbang affiliate. Hayo…pilih mana??

Itu aja program yang aku tahu, mungkin teman-teman ada yang tahu program lainnya? Silakan dong ditambahin.

Setelah ini aku akan melanjutkan posting mengenai keyword niche ya…. Sampe jumpa!

2 komentar:

bhogey mengatakan...

buku-buku apa tu yang di jual di vixxio tu mbakkk????
bisa jadi reseller kah??

Sang Cerpenis bercerita mengatakan...

wah, fan..kayaknya dg kesibukan sekarang, jd gak ada wkt utk monetize blog deh. hehehe

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.