RSS

Selasa, 17 November 2009

Apakah Blog Harus Berbahasa Inggris?

Melanjutkan posting Apa Blogku Bisa DiMonetize, kali ini aku akan membahas tentang bahasa. Aku sering membaca komentar para blogger yang mengatakan bahwa untuk bisa sukses mendaftar Google Adsense, maka sebuah blog harus berbahasa Inggris. Apa benar?

Aku ga tahu standar penilaian Google, tapi menurut logikaku, semua yang mendaftar di program Google Adsense pasti diseleksi oleh para staff Adsense yang ditugasi untuk itu. Artinya, yang melihat apakah blog atau site anda itu layak diterima atau tidak adalah manusia, bukan robot Google. Kenapa sih kok harus diseleksi segala?

Begini, Google itu kan situs penyedia search engine (mesin pencari) yang mendapat penghasilan dari pemasangan iklan. Kalo anda lagi pengen dapet info tentang cara untuk memonetize blog, misalnya, anda pasti akan ke Google dan mengetikkan “monetize blog”. Lalu Google akan menampilkan situs-situs atau blog-blog yang memberikan informasi mengenai monetizing blog. Ketika anda membuka salah satu diantaranya (biasanya pasti dari situs yang tampil paling atas dulu lalu baru turun ke bawah), di dalamnya anda akan menemukan informasi yang bagus, maka anda memutuskan untuk terus membaca. Lalu anda melihat sebuah link yang menarik tentang monetize blog juga. Link itu disediakan oleh Google. Anda klik, dan…voila…terbukalah link itu. Pada saat itu, si pemilik blog yang anda masuki tadi menambah pundi-pundinya di account Adsense-nya.

Sekarang, agar orang mengklik iklan Google, pertama-tama orang itu harus masuk ke sebuah blog/situs. Bagaimana Google menarik orang agar masuk, membaca-baca lalu mengklik iklan? Yaitu dengan informasi yang bagus. Informasi yang, tentu saja, disediakan oleh para pemilik blog dan website di jagat maya ini. Oleh karena itu, Google akan menyeleksi para pemilik blog dan situs yang mendaftar program Adsense, apakah blog atau situsnya itu dinilai BAGUS oleh Google. Apakah situs itu memberikan informasi yang akan dicari, dibuka dan dibaca oleh orang?

Lalu mengapa para blogger Indonesia yang pake bahasa Indonesia, meskipun artikelnya TOP BGT, update posting setiap hari, kok ditolak oleh Google?

Itu karena (ini analisaku sendiri ya…):

1. Staf Google ga ada yang bisa berbahasa Indonesia. Bagaimana ia bisa menilai bagus/tidaknya tulisan di blog itu?
2. Google merasa pembaca blog itu akan terbatas hanya yang berdomisili di Indonesia saja, padahal kalo blog berbahasa Inggris pasti bisa diterima/dibaca di seluruh dunia.

Maka, saranku, sebelum anda memutuskan memonetize blog anda, tetapkan dulu target pembaca anda plus program yang ingin diikuti. Kalo anda memang ingin sukses dengan Google Adsense, buatlah blog atau situs berbahasa Inggris yang target pasarnya adalah global, bukan lokal. Seluruhnya ya, bukan menyelipkan keyword bahasa Inggris tapi isi lainnya bahasa Indonesia! Ingat staf Google itu manusia, bukan robot. Mungkin sekarang mereka boleh jadi ga tau kalo anda mengakali Google, tapi saat waktu pembayaran tiba, dollar anda bisa ga cair gara-gara anda ketauan menipu. Atau, kalau secara kebetulan Google menemukan kenakalan anda, account anda bisa di-banned.

Nah, kalo anda alergi dengan bahasa Inggris dan target pasar anda adalah teman-teman senusantara, maka buatlah blog full dengan bahasa Indonesia, dan bergabunglah dengan program PPC local, jangan Adsense. Daripada anda kecewa karena ditolak oleh Google, lalu anda berkilah memang blog anda ga bisa di-monetize.

Jangan lupa, bahwa IrMa (kepanjangan Internet Marketing) adalah salah satu bidang bisnis juga. Dan seperti bisnis lainnya, kita akan mendapat hasil optimal kalo kita serius dan bersungguh-sungguh. Kalo kita asal-asalan, bisnis itu akan mubazir alias sia-sia. Jangan dikira memonetize blog itu segampang membalik tangan. Pokoknya asal daftar, diterima, lalu pasang iklan, lalu tinggal tunggu waktu bayaran. Ga bisa dong!

Di posting selanjutnya, aku akan beberkan trik-trik untuk membuat blog atau situs yang bagus. Sampe jumpa…

8 komentar:

Sang Cerpenis bercerita mengatakan...

ok deh, kayaknya aku belum serius nih utk monetize blog. aku cuma disuruh2 ama teman2 aja. katanya mudah, tinggal daftar, ternyata enggak ya. hehehhe

reni judhanto mengatakan...

Aku masih harus belajar banyak sebelum monetize blog..

albertus goentoer tjahjadi mengatakan...

wah... kalau disuruh harus pake bahasa Inggris... aku menyerah duluan deh mbak...

Fanda Amnesiana mengatakan...

@Fanny: Utk monetize blog ada macam2 cara, Fan. Ntar akan aku posting deh cara lain selain Adsense.

@Reni: Kalo dah siap, tinggal main kesini aja buat sama2 belajar, mbak.

Tisti Rabbani mengatakan...

ini, nih..tutorial Irma yg penjelasannya bisa dimengerti dan mudah pemahamannya..biasanya kan tutorial spt ini agak njelimet dgn bahasa2 marketing internet yg kadang2 org awam spt aku blm 'dong'

thnk Fanda...terus posting hal2 yg njelimet ttg dunia irma dgn bahasa yg sederhana dan mudah dimengerti...
aku akan selalu belajar disini deh... :)

Fanda mengatakan...

@Tisti: Thanks supportnya. Kebanyakan tutorial mmg njelimet, dulu aku belajarnya sampe berkali2 jg kok. Aku janji deh tuk terus berbagi disini...

REYGHA's mum mengatakan...

Mudah2an kali bisa belajar leih focus dan cepet mudeng...trims ya Fanda

Seti@wan Dirgant@Ra mengatakan...

Aku harus belajar dulu mbak...

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.