RSS

Kamis, 19 November 2009

Cara Menentukan Keyword Yang Paling Menguntungkan

Gimana? Apa anda udah dapet beberapa pilihan topik niche buat calon blog/situs anda? Kalo belum, dan anda ga tahu atau udah lupa apa itu niche, coba kembali ke artikel Bagaimana Menemukan Tema Niche dulu ya!

Kalo anda sudah dapet topik niche, sekarang kita akan main-main dengan keyword, dan mencoba untuk mendapatkan keyword terbaik untuk me-monetize blog atau situs anda.

Ayo kita mulai dengan membuka link Google Keyword Tool ini. Kita akan bermain-main sejenak dengan keyword yang akan anda bidik.

Anda pasti tahu hukum bisnis kan? Carilah produk yang paling banyak customernya tapi paling sedikit suppliernya, atau yang banyak demand tapi sedikit supply. Percuma saja anda membidik keyword yang paling banyak dicari orang, tapi suppliernya juga banyak dan sudah lama di bisnis itu. Kapan anda akan bisa naik di peringkat atas hasil pencarian Google dan bersaing dengan mereka dong?

Nah, sekarang masukkan keyword dari niche yang anda pilih tadi. Misalnya nih aku ambil contoh Fanny yang suka melancong. Melancong = travel atau trip. Kita coba ketikkan kata “travel” di kolom “Enter one keyword or phrase per line:” Kayak gini nih caranya (klik gambar kalo kurang besar). Jangan lupa mengisi verifikasi kata, lalu klik “Get keyword ideas”


Klik gambar untuk memperbesar


Tunggu sebentar, lalu dibawahnya akan muncul daftar kayak gini:

Klik gambar untuk memperbesar

Kolom paling kiri adalah keyword yang sering diketikkan oleh orang di Google, yang ada kaitannya dengan “travel”. Kolom “Advertiser Competition” menunjukkan bagaimana ketatnya persaingan pemasang iklan. Makin banyak pemasang iklan di keyword itu, semakin kecil hasil yang kita dapat dari setiap klik Adsense (karena Google pasti harus membagi dong duitnya di antara para pemasang iklan). Nah, otomatis kita akan mencari Advertiser Competition yang paling ‘sepi’. Semakin penuh warna hijau di kotak, menunjukkan semakin ramainya kompetisi.

Lalu lihat juga kolom “Global Monthly Search Volume”, yang memberikan petunjuk jumlah pencarian keyword tersebut rata-rata per bulannya secara global (di seluruh dunia).

Jadi yang kita bidik adalah keyword yang, paling tidak, kompetisinya separoh penuh dan yang jumlah pencariannya paling tidak di atas 500 per bulannya. Bayangkan kalo yang mencari keyword itu hanya 50 orang per bulan, berapa persen yang akan masuk ke blog/situs anda? Makin kecil aja kan kemungkinannya? Dan ingat selalu hukumnya ya! Kompetisi paling sedikit dan jumlah pencarian paling banyak.

Dari contoh travel di atas, rata-rata kompetisinya terlalu banyak. Kayaknya lebih baik kita persempit menjadi ‘traveling’. Beginilah contoh hasilnya:

Klik gambar untuk memperbesar


Kalo diteliti dari daftar itu, keyword yang memenuhi syarat dan memungkinkan untuk dibuat tema blog/situs adalah:
- Traveling hotels
- Traveling from
- For traveling

Kita bisa membidik keyword ‘for traveling’ lalu membuat tema blog/situs menjadi: Tips For Traveling. Tapi sebelumnya, anda masih perlu survey di Google hasil pencarian untuk keyword ini. Ketik saja ‘for traveling’ (dengan tanda kutipnya) atau for+traveling, atau gunakan advance search untuk membatasi pencarian hanya pada kedua kata itu. Bukalah beberapa situs hasil pencarian, seperti itulah isi blog/situs anda nantinya.

Ingat, jangan lantas jatuh cinta ama keyword yang bagus tapi nantinya anda kesulitan cari ide untuk menulis tentangnya. Kan ga lucu?? Jangan terburu napsu, toh ga ada yang mengejar-ngejar anda kan? Kalo hari ini anda belum dapet keyword yang bagus dan kepala anda udah pusing melototin daftar, tutup saja. Lanjutkan keesokan harinya. Jalani semua proses dengan rileks dan enjoy it! Nanti pasti anda akan ketemu dengan sebuah keyword yang pas dengan anda. Ingat! Keyword itu akan jadi modal anda selanjutnya loh. Dan sekali lagi, kalo bisa siapkan beberapa cadangan juga ya!

Nah…silakan anda sekarang bermain-main untuk menemukan tema niche yang tepat untuk calon blog/situs anda. Jangan lupa untuk menyertakan niche keyword itu nantinya ke dalam judul blog anda, misalnya: Tips For Traveling. Keyword itu juga harus tercantum di dalam artikel-artikel anda. Maksudnya? Akan aku jelaskan nanti di posting yang akan datang ya! Pokoknya anda siapin dulu keyword utama anda, calon nama blog/situs anda dan temanya, tapi jangan keburu beli domain/hosting dulu ya! Masih ada beberapa tahapan yang harus dilakukan supaya anda ga salah beli! Di posting berikut ada juga tips untuk beli hosting.

Sampe jumpa….

8 komentar:

Seti@wan Dirgant@Ra mengatakan...

Cuman bisa manggut2....

Sang Cerpenis bercerita mengatakan...

ngerti sih, fan. tapi blm sempet praktekin. nih, aku usahakan mampir.

sibaho way mengatakan...

ikutin terus ah :) sampe ketemu resep $500 :D

teguh mengatakan...

om bro langsung praktek .....
tq

ghaalib mengatakan...

patut di coba...
terimakasih

Fanda mengatakan...

@Teguh + Ghaalib: selamat mengutak-atik deh...

Informasi Tanaman Hias dan Agrobisnis mengatakan...

akhirnya ngerti juga mbak, thanks

mangdeska mengatakan...

terimkash informasinya

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.