RSS

Rabu, 18 November 2009

Bagaimana Menentukan Tema Niche

Kalau anda sudah memutuskan untuk mendalami internet marketing, maka yang pertama-tama harus dilakukan bukanlah membuat blog. Langkah terpenting dalam IrMa (Internet Marketing) justru mencari dan menentukan tema yang akan dipakai untuk blog atau situs anda. Eh..bukankah temanya boleh sesuka hati kita, yang penting kita senang? Itu sekali lagi tergantung anda. Kalo anda benar-benar serius mau berpenghasilan dari IrMa, maka ikutilah langkah-langkah yang seharusnya diambil. Kalo anda hanya ingin senang-senang saja, silakan melakukan sekehendak anda, tapi jangan ngomel loh kalo hasilnya ga optimal!

Dalam IrMa ada yang namanya “Niche”, yaitu tema yang jangkauannya sempit. Tema niche ini berkaitan dengan “Keyword” atau kata kunci. Keyword adalah kata kunci yang dipake orang untuk mencari informasi di search engine. Misalnya anda mau belajar untuk monetize blog, anda akan mengetik “monetize blog” di Google. Itulah yang namanya keyword.

Semakin niche tema blog atau situs anda, semakin optimal hasil yang anda dapat. Misalnya anda pilih tema ‘cooking’. Tema ini terlalu luas jangkauannya. Coba dipersempit menjadi 'cooking recipe’ (resep masakan). Cooking recipe itu bisa dibilang niche. Atau mau yang lebih niche lagi: ‘dessert recipe’ (khusus membuat makanan penutup) atau ‘chicken recipe’ (khusus masakan berbahan ayam). Itulah yang namanya niche. Semakin niche tema sebuah blog/situs akan semakin baik karena biasanya lebih unik dan nilai Adsensenya jg lebih gede.

Para pengiklan di Google akan membayar sejumlah tertentu berdasarkan ngetop atau tidaknya sebuah niche keyword. Maksudnya ngetop adalah banyaknya orang yang menggunakan keyword itu di Google. Karena itu, kalo kita ingin mendapat hasil optimal dari Google Adsense, carilah keyword yang bernilai paling tinggi.

Bagaimana kalo niche yang bernilai tinggi itu ternyata adalah topic yang tidak anda sukai dan anda tak berkompetensi untuk mengulas topic itu? Yah…kita cari jalan tengahnya aja. Coba anda pikirkan tema apa yang paling anda sukai. Jawab saja daftar ini:

Apa hobby anda? – misalnya ‘cooking’
Apa kemampuan anda yang paling dikuasai? – misalnya ‘story writing’
Apa yang sangat anda cintai? – misalnya ‘fishing’
Apa pengalaman anda yang paling banyak (bisa pengalaman baik atau buruk)? – misalnya anda pernah mengalami keguguran, dan anda ingin berbagi info tentang keguguran dan cara mencegahnya, anda bisa pilih ‘miscarriage’)
Apa yang ingin sekali anda kuasai atau pelajari? – misalnya anda pengen bisa menari, pilih ‘dancing’)
Apa yang ada dalam pikiran anda ketika anda bangun pagi? – mungkin berhubungan dengan anak anda, misalnya ‘children health’
Apa obsesi anda? – misalnya pengen jadi penulis, ‘writer’
Dsb…

Coba pikirkan dengan baik, karena apa yang akan anda geluti selanjutnya selalu akan berhubungan dengan topik itu. Carilah topik yang anda suka membahasnya, kalau tidak, anda akan malas untuk riset mencari data dan menulisnya. Menulis sesuatu yang tidak kita kuasai kan sulit? Dan kalo sulit pasti kita akan mudah putus asa. Jadi pastikan anda ga akan bosan dengan topik niche yang anda pilih itu.

Sekarang silakan anda pikir-pikir dan pilih-pilih dulu. Kalo bisa siapkan beberapa pilihan, dan besok kita akan mencari keyword niche yang paling menguntungkan buat bisnis IrMa anda! Oke? Sampe jumpa…

6 komentar:

Seti@wan Dirgant@Ra mengatakan...

Untuk mempelajari lebih mendalam tentang IRMA,...
saya harus rajin berkunjung kesini.

lovepassword mengatakan...

SIp ..Sip Markusip. harus mulai belajar Irma nih kayaknya...

Informasi Tanaman Hias dan Agrobisnis mengatakan...

Betul mbak Fanda, bebrapa kali saya membuat blog dan putus ditengah jalan gara-gara Niche yang gak jelas. Tks

Mita mengatakan...

Bersyukur sekali saya terdampar di blog ini .. langsung jadi pengikut nih, mau belajar IM, mohon arahannya ;)

Mita mengatakan...

Bersyukur sekali saya terdampar di blog ini .. langsung jadi pengikut nih, mau belajar IM, mohon arahannya ;)

Rita mengatakan...

Siip info nya bu,,..akan saya coba.

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.