RSS

Senin, 16 November 2009

Apa Blogku Bisa DiMonetize?

Pasti ini salah satu pertanyaan yang paling banyak tercetus di benak para bloggers. Makhluk apa sih Monetize itu? Sebangsa monel, bahan untuk membuat kalung atau gelang itu? Hehehehe…

Monetize itu berasal dari kata “Money”. Blog atau site yang di-monetize, artinya blog/site itu dibuat untuk menghasilkan money, alias untuk cari duit. Sekarang pertanyaannya:

Apa blogku juga bisa di-monetize?

Jawabnya pasti BISA. Tapi… ada banyak hal yang harus dilakukan agar blogmu bisa menghasilkan duit. Yang namanya penghasilan kan harus datang dari suatu usaha? Kalo kita umpamanya punya waktu luang dan keahlian membuat kue, lalu kita pengen membuka toko kue. Apa yang harus kita lakukan? Pertama-tama kita pilih kue apa yang mau kita jual. Kalo ga bisa bikin brownies, ya jangan ngotot jualan brownies. Kalo brownies bikinanmu ternyata ga enak, ga ada orang yang mau beli, akhirnya kamu bilang: “Ah ternyata ga bisa dapet duit dari bisnis kue!”.

Sebenarnya yang salah bukan bisnisnya, tapi si pelaku bisnisnya sendiri. Jadi…jangan pernah bilang bahwa IrMa (kepanjangan Internet Marketing) adalah bisnis bo’ong-bo’ongan. Masak berbisnis di dunia maya? Namanya aja ‘maya’, jangan-jangan duitnya juga maya alias ga ada duitnya? Atau…masak ada orang yang mau beli barang tanpa ketemu penjualnya, tanpa pegang barangnya?

Jawabnya…sekali lagi…BISA. Asal anda tahu caranya. Kalo mau jualan brownies, harus tahu bahan dan cara bikinnya dong!

Pertama-tama para blogger harus memperhatikan isi blognya, beda dengan pemilik website. Sebuah site biasanya dibuat berdasarkan satu tema sentral. Misalnya website tentang ‘perawatan kulit’ atau tentang ‘belajar gitar’. Sedangkan blog, awalnya dan pada umumnya adalah sebuah diary pemiliknya. Sehingga isinya benar-benar ‘gado-gado’, mengikuti isi pikiran si empunya. Blog seperti ini yang SULIT untuk di-monetize. Aku bilang sulit, bukannya impossible loh!

Karena, logikanya orang mau jualan kan ada yang mau dijual. Nah, apa yang mau dijual dengan curhatan anda? Bukan aku bilang bahwa curhat anda ga penting loh, semua yang ada pada diri kita pasti penting, tapi apakah bisa dijual? Belum tentu kan?

Kalau anda memang serius ingin memonetize blog, usahakan blog itu memiliki satu tema khusus. Contoh blogger yang sudah menganut asas ini adalah Fanny. Ia memiliki beberapa blog, dan masing-masing punya tema masing-masing. Jadi, ga mungkin Fanny akan menuliskan pengalaman jalan-jalannya ke gunung Bromo di blog Graha Sastra misalnya, karena GS itu khusus untuk tips-tips menulis cerpen. Tempat yang cocok ialah Sang Pelancong.

Mengapa harus sebuah tema khusus?

Agar anda bisa menyesuaikan ‘produk’ yang anda jual. Misalnya kalo anda mau jual baju senam, ga mungkin kan tokonya bergambar Winnie the Pooh ato Barbie?? Ga matching gitu loh… Pengunjung akan merasa ga nyaman berada di toko anda.

Tapi gimana kalo anda tetap ingin punya 1 blog yang isinya gado-gado karena anda ga punya waktu lebih tuk merawat 2 blog, tapi anda tetap pengen cari duit? Anda bisa coba apply ke beberapa PPC (Pay Per Click), penyedia iklan seperti Google Adsense yang sifatnya LOKAL (made-in Indonesia). Contohnya (aku tahunya hanya dua):

Adsense Camp
Kumpul Blogger

Iklan-iklan yang ditayangkan di sana kebanyakan adalah iklan untuk program online. Kebanyakan kalo diperhatikan ada kata “duit” atau “kaya” atau “untung”. Pokoknya kata-kata yang paling diminati orang Indonesia deh… Aku sendiri tak punya pengalaman dengan PPC local, tapi banyak yang cerita bahwa mereka sudah mendapat penghasilan.

Jadi...jangan pernah bilang bahwa blog anda ga bisa di-monetize yah! Cari dan survey lewat Google, atau tunggu posting-postingku berikutnya!

Sementara sekian dulu tentang monetize blog, selanjutnya akan aku coba tulis untuk program lain selain PPC, dan Google Adsense. Sampe jumpa...

6 komentar:

Sang Cerpenis bercerita mengatakan...

jadi bisa ya, fan..tapi mungkin lebih cocok utk blog sang pelancong or graha sastra ya? hmmm..baiklah akan saya coba lagi

tks ya, fan.

btw, baca blog ini jadi keinget blog miss gaptek. hehehhe...mirip2 dikit

sibaho way mengatakan...

wah... belajar monetize blog ah sama yg udah dapet adsense $500 :D

Fanda mengatakan...

@Sibaho: hahaha...kok inget aja seh...

yanuar catur rastafara mengatakan...

monetize tu apa ya mbak fan????
q kok susah nranslate
hehehe

Tisti Rabbani mengatakan...

lagi nyoba belajar Irma...
:)

Seti@wan Dirgant@Ra mengatakan...

Saya kayaknya termotivasi juga nih mbak...,
meskipun kesibukan di sekolah semakin nambah.

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.