RSS

Sabtu, 05 Desember 2009

Tips Membeli Domain Dan Hosting

Sesudah anda mulai menulis beberapa buah konten, maka sekaranglah waktunya anda melakukan pembelian domain dan hosting. Loh Fan, bukannya terbalik prosesnya? Nggak juga. Ini sama aja dengan anda menabung beberapa perabotan yang anda sukai, lalu setelah tabungan anda mencukupi baru beli rumahnya, sehingga ketika anda menempati rumah baru itu, anda sudah bisa merasa nyaman dengan perabotan pilihan anda juga.

Kalo anda beli domain + hosting duluan, padahal anda masih harus riset keyword, riset competitor, riset affiliate, lalu menulis konten, beberapa bulan akan tersia-sia dari masa berlakunya domain + hosting itu. Ingat, domain yang kita beli itu jangka waktunya setahun. Kalo sebulan aja dianggurin, mubazir kan? Jadi mending konten udah siap semua, lalu begitu anda beli domain bisa langsung diupload. Hehehe…mau jadi pengusaha, harus mikir cara pengusaha dong!

Memang sih ada yang bilang bahwa domain yang lama dianggurin bisa lebih cepat terindeks ama Google, tapi aku kok ga terlalu percaya ya? Apa ada teman-teman yang punya pengalaman? Selama ini aku berpikir praktis aja, kalo belum perlu ngapain beli sekarang? Siapa tahu di tengah proses kita ga jadi nerusin tema yang udah kita pilih? Kan jadi sia-sia tuh…

Dalam membeli domain, yang paling penting adalah menentukan nama domain itu. Masih ingat artikel yang lalu? keyword niche harus tercantum, salah satunya, dalam nama domain. Kalo anda mencari nama untuk toko, memang harus nama yang indah, pendek dan mudah diingat. Tapi kalo nama domain, bukan hanya indah dan pendek, yang penting adalah keyword niche yang anda bidik harus tercantum di nama domain itu. Yang terbaik adalah kalo keyword niche itu sendiri yang jadi nama domain.

Misalnya keyword niche yang dibidik adalah ‘jogging tips’, maka kalo bisa cari domain: joggingtips.com atau jogging-tips.com. Gimana kalo kedua nama itu ga tersedia? Coba ditambah dengan kata lain, mis. best-jogging-tips.com atau my-jogging-tips.com. Atau utak-atik pemakaian tanda (-), pake dan tidak. Dalam hal ini anda harus ekstra kreatif agar:
  1. Keyword niche tercantum di domain itu
  2. Nama domain sependek mungkin
  3. Ketika orang membaca nama domain itu, langsung akan mengetahui kira-kira situs atau blog anda membahas tentang apa.
Yang penting juga diingat, belilah domain [dot]com! Jangan [dot]net apalagi [dot]co[dot]cc. Domain [dot]com tetap yang paling bagus buat image professional anda. Dan JANGAN sekali-kali pake blog gratisan macam blogspot dan wordpress ya! Masak mau bisnis, fasilitas gratisan?? Lagipula, harga domain sekarang murah kok, di kisaran 95ribu-an untuk setahun. Lalu dimana belinya? Sebaiknya anda beli domain di tempat yang sama dengan beli hosting.

Untuk beli hosting, pilihlah yang sudah punya nama, yang perusahaannya bonafide dan pemakainya banyak (cari di daftar customer dan lihat juga testimony). Keuntungan beli hosting dan domain di tempat yang sama adalah, si penyedia akan langsung mengarahkan domain yang anda beli ke server hosting mereka, sehingga begitu sudah aktif anda tinggal langsung pake aja.

O ya, untuk hosting, karena anda masih baru mulai dan jumlah bandwith yang akan dipakai belum banyak, lebih baik beli yang minim aja, sekitar 1-2Gb. Lihat pemakaian anda selama setahun itu, kalo dirasa udah hampir mencapai plafon bandwithnya, baru anda upgrade ke paket hosting yang lebih tinggi. Lagi-lagi percuma aja beli bandwith besar kalo pengunjung anda baru 10-20 orang per hari kan?

Oke? Sudah siapkah anda memutuskan membeli domain dan hosting? Berarti anda sudah benar-benar siap untuk terjun ke bisnis IrMa. Sampe jumpa ya di posting selanjutnya….

3 komentar:

Radhit>adscampdelapan mengatakan...

salam kenal mbak,,,
aku masih awam neh soal Beli Domain dan Hosting...
kira kira bisa ga ya kita beli domain dot com(.com) untuk blogspot nya kita?
terus mengenai nambah artikel masih bisa make fasilitas blogger...? soalnya saya baru nyoba buat beberapa blog iklan dan saya harap saya bisa mengunakan domain dot com(.com)
binggung....!!!!
mohon bimbingannya...............

Fanda mengatakan...

@Radhit: Bisa kok. Yg aku tahu, URL dotcom itu akan dialihkan ke blogspot kita. Jd kalo org klik URL kita, nanti akan masuk ke blogspot. Tp kayaknya bisa juga yg bukan dialihkan, tp aku ga tau caranya.

Updatenya tetap pake blogspot kok.

Rahmat Muntaha Aziz mengatakan...

nice article, suka banget...
makasih infony ya mbak...

salam kenal :-)

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.