RSS

Selasa, 08 Desember 2009

Mana Yang Lebih Baik: Website Atau Blog?

Setelah anda mulai menulis konten, dan mungkin sudah menghasilkan beberapa tulisan, anda lalu berpikir, what’s next? Mempublikasikannya tentu! Lalu pertanyaan berikutnya adalah: format mana yang akan anda pilih, website? Atau blog? Sekarang aku akan bahas perbedaan keduanya ya…

Untuk membuat website anda harus mampu mengoperasikan salah satu program pembuat website. Yang paling mudah dan simple pengoperasiannya adalah Microsoft Frontpage. Seperti produk keluaran Microsoft lainnya, tak sulit untuk menggunakannya. Tinggal bikin table, copy-paste tulisan anda dari Word, lalu menata layoutnya, membubuhkan link. Selesai. Masalahnya software aslinya tentu mahal banget, tapi kalo mau anda bisa mendownload versi gratisannya di internet. Program ini yang selama ini aku pake.

Program lainnya yang lebih complicated (dan lebih cocok buat yang familiar dengan javascript dan sodara-sodaranya), yaitu Macromedia Dreamweaver. Aku pernah coba memakainya, tapi kepala jadi pusing tujuh keliling….

Ada lagi yang versi open source, yaitu Joomla. Struktur Joomla mirip banget dengan blog. Kata mereka yang udah belajar, Joomla gampang pengoperasiannya. Tapi berhubung aku udah terbiasa dengan Frontpage, ngapain mesti belajar yang lain lagi?

Kenapa sih harus susah-susah belajar program baru demi untuk membangun website?

Alasannya, website punya image yang lebih baik sebagai sumber informasi. Website menunjukkan sisi profesionalitas sebuah perusahaan. Atau bisa dibilang website identik dengan bisnis atau perusahaan. Sedangkan sodaranya, blog, identik dengan perorangan. Kalo anda mau beli barang nih, pilih beli dari perusahaan ato perorangan? Jawab sendiri deh...

Meskipun pada kenyataannya website itu mungkin aja milik perorangan kayak kita-kita juga. Tapi...yang penting kan imagenya!

Tambahan lagi, dengan website kita lebih bebas untuk mengutak-atik tag: title tag, description tag, dll (semua akan ada di posting selanjutnya). Sedang di blog, kita tergantung pada provider blognya, entah itu blogspot ato wordpress.

Jadi saranku lebih baik membuat website, atau kalo anda lebih suka blog, usahakan memilih tampilan yang imagenya profesional. Jangan terlalu berkesan personal. Dan gunakan blog itu khusus dan serius untuk bisnis.

Kalo anda mau membuat blog, anda bisa pakai blogspot ato wordpress, tapi HARUS pake nama domain anda sendiri.

Nah, moga-moga anda sekarang udah nentuin format mana yang akan dipake. Selanjutnya kita akan membicarakan 'tag', bagaimana cara membubuhkannya, dan khusus buat yang memilih website, gimana cara meng-upload semua konten ke server hosting anda. Sampe jumpa.....

6 komentar:

Vicky Laurentina mengatakan...

Beberapa kali aku kepikiran buat bikin website, tapi bingung mau cari hosting yang mana. Beberapa teman sudah punya website sendiri, tapi kulihat halamannya masih sering sulit dibuka. Apakah ini masalah kualitas website-nya yang jelek atau gimana?

Fanda mengatakan...

Vic, aku selama ini pake hosting-nya IDWebhost. Lumayan bagus kok. Ttg website temanmu yg sulit dibuka, mungkin bandwithnya krg gede, ato server hostingnya ngadat, ato design websitenya terlalu berat. Pengalamanku justru websiteku lbh cepat bukanya daripada blogku. Kalo ada waktu, coba buka websiteku yg ada di sidebar sebelah kanan, sulit ga?

Sang Cerpenis bercerita mengatakan...

wow, aku baru tahu mesti ada programnya utk buat website. tks ya, fan infonya. btw, fan..buku Honeymoon with my brohter dan My stupid boss lagi dipinjam temanku. aku kirim yg ada saja dulu ya sesuai yg kamu mau wkt itu.

sibaho way mengatakan...

nah, frontpage itu gak ada lagi ya di paket office?

Seti@wan Dirgant@Ra mengatakan...

Aku jadi termotivasi nih mbak...
makasih banyak

rizky mengatakan...

semua itu ada keunggulan dan kelebiannya masing2... tapi lebih enakan bloglah kalo sayah. gratisan :D

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.