RSS

Selasa, 19 Januari 2010

Serba-Serbi Tentang Google Adsense

Anda pasti sudah tahu sekarang cara membuat konten yang bagus, kalo belum kembali lagi ke sini ya! Nah, ibaratnya anda udah menata interior toko anda dengan bagus, sekarang tinggal memilih barang yang akan dipajang untuk dijual dong!

Seperti udah aku jelasin di sini, salah satu cara monetize site/blog adalah dengan Google Adsense. Sekarang aku akan membagikan semua yang aku tahu tentang GA (Google Adsense) selama ini. Buat yang tahu lebih banyak, share di sini dong…

1. Kapan daftar GA? Usahakan situs/blog anda sudah nampak professional dulu sebelum memutuskan untuk daftar GA. Kalo untuk situs, paling tidak sudah ada 10-20 konten. Jangan upload semua konten dalam satu hari, paling tidak submit satu persatu tiap hari atau dalam rentang beberapa hari. Makin tua usia sebuah situs, Google makin suka. Kenapa? Karena Google menganggap situs anda mampu menyediakan informasi yang cukup baik buat para penggunanya. Kalo untuk blog, [denger-denger sih] umurnya harus paling tidak 2 bulan [bener ga sih?], dan kalo bisa sering-sering posting.

2. Asal situs/blog anda dalam bahasa Inggris, dan kontennya memang beneran ada (bukan hanya scam penuh berisi tags ato keyword ato link aja), usianya sudah cukup, dan isinya bukan mengenai hal-hal yang dilarang, maka Google biasanya akan menerima situs/blog anda.

3. Begitu anda sudah pernah diterima, anda bisa meletakkan semua ads anda di situs/blog anda yang lain. Jadi kalo anda membuat situs/blog ke-2, 3, 4 dst, anda tak perlu daftar lagi, cukup sekali aja.

4. GA (Google Adsense) menyediakan banyak ads yang sesuai dengan topik niche serta keyword yang anda bidik. Darimana GA tahu ya? Tentu saja dari meta tag yang udah anda bubuhkan sebelumnya.

5. GA terdiri dari format teks (yang paling disukai), link, gambar, search, RSS feed dan domain. Karena target market terbesar anda adalah orang Amerika (yang notabene paling banyak belanja online, dan paling banyak browsing internet), maka aku sarankan format teks dan link yang paling banyak dipakai.

Pertimbangannya, orang Amrik lebih suka layout yang simpel tapi isinya berbobot (ini berdasarkan pengalaman pribadi). Konten yang informatif adalah prioritas mereka. Dengan menempatkan format teks atau link, kita membuat mereka mengira seolah-olah ads itu adalah bagian dari konten kita. Gambar boleh juga, tapi ini kalau di halaman situs/blog anda belum terlalu banyak gambar dan loadingnya tak terlalu berat.

6. Apakah GA itu beneran sih? Jangan-jangan kita udah capek-capek masang adsnya, tapi duitnya ga keluar? Dan kalopun keluar, gampang ga narik duitnya? Apa harus nukerin dari dollar ke rupiah dulu? Ribet ga?

Menurut pengalamanku pribadi, GA itu memang beneran, bukan scam. Asal kita menaati semua terms and condition dari GA, bisa dipastikan anda akan dapet duitnya kalau sudah mencapai jumlah minimum penarikan, yaitu $100. Menariknya pun gampang, karena pembayaran itu lewat Western Union. Banyak bank yang bekerja sama dengan Western Union, dan meski kita bukan nasabahnya kita tetap bisa menarik uangnya dalam rupiah. Aku sudah pernah sekali melakukan penarikan dari BRI (dan aku bukan nasabah). Gampang kok, tinggal mengisi form dan mencantumkan kode yang diberikan Google. Tunggu sebentar, dan namaku lalu dipanggil oleh kasirnya, dan…sret sret…lembaran-lembaran bergambar Soekarno-Hatta pun berpindah ke tasku!

Jadi, buat yang belum pasang GA, jangan ragu-ragu deh. Cukup masuk aja ke sini dan daftarkan diri anda. Dan inget, jangan coba-coba mengakali om Google loh kalo ga mau situs/blog anda dibanned!

Selanjutnya aku akan beberkan cara memilih dan mencantumkan ads GA ke situs kita. Sampe jumpa…

19 komentar:

reni mengatakan...

Makasih dah bagi-2 infonya mbak...
Sejauh ini aku belum PD untuk monetize blog.

labarise mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.
labarise mengatakan...

infox ok juga

attayaya mengatakan...

lha ini blog bisnisnya Fanda ya?
asiiik......

blogku berbahasa Indonesia
keknya ga bakal di approve mbah gugel deh

Fanda Classiclit mengatakan...

@Attayaya: bukan mas, ini blog tentang cara berbisnis. Pake yg lokal aja kalo blog bhs Indonesia, mas!

sibaho way mengatakan...

yo mbak fanda, dilanjut kursusnya :D

Anthony Harman mengatakan...

Wow, ternyata Fanda bikin blog internet marketing juga. Mesti dimasukkan ke bloglist saya dulu neh

cerita-bertuah mengatakan...

alah,,gagal terus,,payah banget ni mbh google..

sewa mobil murah mengatakan...

gue masih bingung, bagaimana kalo diajarkan cara praktenya biar langsung cepat bisa

Wandering Guy mengatakan...

Hi,

A good post on Belajar Internet Marketing. We are VA4World a virtual assistant firm who provide admin support service for SME’s all over the world. We would like to hear your feedback.

Thanks,
Sridhar – VA4World for viral marketing, SEO and admin support

Fanda Classiclit mengatakan...

@sewa mobil murah: Tenaaang... tunggu aja lanjutannya

buwel mengatakan...

wah, ternyata pandai tentang adsense yak...

a-chen mengatakan...

TY inponya....

free FONT mengatakan...

blognye keren mas!

salam kenal

Anonim mengatakan...

Mbak, tulisin tentang Adsense bikinan Indonesia dong. Kenapa kita udah pasang iklan tapi belum ada yang ngeklik juga. Gimana caranya supaya dapet keuntungan dengan masang iklan Adsense.

Fanda Classiclit mengatakan...

@free font: Lam kenal juga. Ini mbak loh, bukan mas!

@Vicky: ntar aku posting jawabannya deh...

pasang iklan baris tanpa daftar mengatakan...

thanks buat infonya

Fryta mengatakan...

Coba cek contoh layout di blog ane, udah terkonfigurasi dengan GA dan lumayan hasilnya. Tapi baru kepala 1 he he he

Sip gan, keep write

Andri Yusup mengatakan...

makasih info berhagranya, skali lagi makasih ...
info fanda elah menjadi support buat saya dalam belajar adsense... skali lagi makasih.
tolong follow upnya untk blog saya yg masih acak2an ini ... http://whoisadsense.blogspot.com

kasih comment untuk koreksi blog saya ya... makasih.

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.