RSS

Jumat, 01 Januari 2010

Membubuhkan Meta Tag

Meta tag adalah kumpulan beberapa atribut pengenal atau identitas website dan artikel-artikel kita untuk dipasang Google dan search engine lainnya di halaman pencarian mereka. Meta tag sekaligus bisa meningkatkan ranking kita di mata SE. Ada beberapa meta tag dalam sebuah situs, dan disarankan agar keyword niche anda tercantum dalam semua tag. Dalam tulisan ini kita akan bersama-sama belajar cara membubuhkan tag ke dalam halaman web, dan tag apa aja yang perlu dicantumin.

Title Tag

Seperti namanya, tag ini adalah untuk memberi judul sebuah halaman web. Judul itu akan terlihat di browser ketika anda membuka halaman tersebut. Kalo anda masih ingat, di posting yang lalu aku sudah menunjukkan bagaimana cara menemukan HTML code di Frontpage kan? Sekarang mari kita ke kode HTML halaman yang udah kita buat, dan perhatikan 3 baris yang ada di antara dan di bagian paling atas, yang aku kotakin warna merah ini ya...

klik gambar untuk memperbesar

Yang pertama adalah:
Membuat Website


Kode itu menunjukkan bahwa judul halaman web tersebut adalah 'Membuat Website'. Lihat setelah halaman itu aku buka di browser, judul tersebut akan muncul...

klik gambar untuk memperbesar

Jangan lupa untuk menyisipkan keyword niche anda dalam title tag ini. O ya, idealnya gunakan font 24 untuk menuliskan judul artikel anda.

Keyword tag

Keyword yang anda bidik, bisa anda masukkan ke dalam keyword tag ini. Lihat lagi kode yang aku tandai di atas. Baris kedua tampak seperti ini:


Kode itu menunjukkan bahwa keyword tag untuk halaman web itu adalah website dan internet marketing. Keyword tag ini memang ga akan muncul pada browser, tapi akan dapat diakses oleh robot Search Engine. Anda bisa memasukkan lebih dari satu keyword, yaitu keyword niche untuk artikel tersebut, juga keyword niche yang lebih umum (yang dipakai untuk website anda), atau keyword lain yang merupakan kata lain dari keyword anda. Dalam kasus ini, misalnya anda bisa menambahkan 'situs' sebagai alternatif untuk 'website'.

Description tag

Selain judul, kita perlu memberikan deskripsi singkat tentang isi artikel kita itu. Description tag ini sama pentingnya dengan title tag, karena dari kedua tag itu, orang akan memutuskan untuk membuka halaman situs anda itu dan membaca isinya atau tidak. Description tag juga akan muncul di hasil pencarian Search Engine. Mari kita kembali ke kode yang ditandai di atas. Lihat baris ketiganya:


Dengan description tag tersebut, calon pengunjung website akan tahu bahwa artikel itu berisi langkah-langkah membuat website bagi pemula. Usahakan membuat description tag ini cukup singkat tapi langsung menunjukkan isi artikel, sekaligus membuat orang penasaran untuk membaca lebih lanjut.

Sekarang gimana caranya membubuhkan meta tag itu ke dalam halaman web?

Letakkan kursor di sembarang tempat di dalam halaman web yang mau disetting meta tag-nya. Klik kanan, dan pilih 'Page Properties'. Maka akan terbuka kotak menu kayak gini:

klik gambar untuk memperbesar

Anda tinggal mengisi kotak 'Title', 'Description', dan 'Keyword' sesuai keinginan anda, dan kalo udah, tinggal klik OK, maka meta tag anda udah tersimpan. Gampang kan? O ya, mumpung kita lagi kerja di Page Properties, aku ulas sekalian tentang cara mengubah warna link. Maksudnya warna font yang menjadi anchor text sebuah link akan berubah otomatis setiap kali kita membuat link, jadi kita ga perlu tiap kali mengubah warna font ketika membuat link. Caranya, setelah klik Page Properties, pilih 'Formatting', lalu lihat di bagian 'Colors'. Langsung pergi ke sebelah kanan, yang ada 'hyperlink', 'visited hyperlink' dan 'active hyperlink'. Lalu kita tinggal pilih warna yang kita kehendaki. Kalo bisa, usahakan warna hyperlink ini matching dengan keseluruhan layout website anda. Misalnya dalam contoh, aku pake warna ungu tua untuk hyperlink.

klik gambar untuk memperbesar

Active hyperlink itu adalah ketika kita klik sebuah link, maka warna link itu akan berubah. Sedang visited hyperlink menandai link yang udah pernah kita buka di sebuah halaman web ketika kali lain kita berkunjung kesana.

Nah...sekarang anda udah belajar semua dasar untuk membangun sebuah situs. Kurasa anda akan bisa mengutak-atik lainnya sambil praktek. Selanjutnya, aku akan membahas tentang Google Adsense, cara membuat iklan adsense dan meletakkannya di situs kita. Oke? Sampe jumpa....

6 komentar:

agung aritanto mengatakan...

ok saya tunggu seputar adsensenya nanti

maaf ya mba aku ga terlalu menyimak postingan mba abis aku lagi lelah seeh

begadang semalaman

Ahmad Ramadani mengatakan...

berat nih ilmunya... :)

Seti@wan Dirgant@Ra mengatakan...

mbak Fanda udah jadi Master nih sekarang..
mantap,... terima kasih.

Aditya's Blogsphere mengatakan...

Aq mampir kesini mbak fanda......oh ya bahasan inilah kesukaan q.....dulu aq memakai microsoft office publisher (untuk design)dan frontpage 2003 untuk belajar html....semua karya sederhana q tak upload ke 000webhost.com,tapi setelah mengenal bahasa java/javascript, xml, CSS dan sebagainya aq lebih memilih dreamweaver 8 dan joomla.....karena untuk build javascript,php,sql dan CSS, dramweaver lebih memberi kemudahan...tapi aq masih sering menggunakan frontpage untuk eksperimen .....ya tergantung situasi lah....cs untuk mengupload html ke server webhost aq terbiasa memakai frontpage dan temenya si filezilla....



untuk pertanyaan tentang tag proteksi kemarin bisa di pasang di situs web biasa yang berbasis HTMl/php....bisa juga ke blog yang memakai XML ....seneng bisa mampir ke sini mbak....

Munir Ardi mengatakan...

ternyata mbak fanda master juga nih dalam dunia ngeblog

faza mengatakan...

thanks for information

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.