RSS

Minggu, 21 Februari 2010

Mempublish Halaman Website

Wah, sudah lama banget blog ini tidak keurus. Dan baru saja aku sadar bahwa ada 1 ilmu penting yang belum sempat aku berikan pada anda sekalian. Yaitu cara untuk mempublish halaman-halaman website yang sudah anda buat ke server hosting anda, agar website anda secara 'resmi' hadir di dunia maya ini.

Jika anda sudah selesai membangun website anda, simpanlah hasil karya anda itu di harddisk komputer anda. Sebaiknya anda membuat sebuah folder yang judulnya sama dengan nama domain anda. Misalnya domain anda adalah nama-anda[dot]com, maka berilah judul folder tersebut dengan 'nama-anda'. Penamaan ini akan berkaitan dengan publishing di server.

Sebelum mempublish, anda bisa mem-preview semua halaman website anda di browser dengan mengklik tombol 'Preview' yang ada di menu bar di atas, di sebelah tombol 'Print'. Hati-hati, karena tampilan website anda di browser yang berbeda (misalnya antara Internet Explorer dan Mozilla Firefox) bisa juga berbeda. Sebaiknya sih pakai saja Firefox yang lebih umum dipakai.

klik gambar utk memperbesar

Software untuk mempublish halaman website ke browser ini ada beberapa macam, tapi yang gratis alias open source adalah Filezilla. Anda bisa men-downloadnya di internet secara gratis.

Cara publish, anda buka dulu Filezilla. Maka anda akan melihat 4 bidang yang ada disana (lihat gambar dibawah ini)..

klik gambar utk memperbesar!

Bidang sebelah kiri atas adalah bidang milik komputer kita (asal file halaman website anda berada). Jika di bidang kiri atas anda membuka folder tempat file itu berada, maka file halaman-halaman website anda dalam bentuk file HTML akan terbuka di bidang kiri bawah. Sedangkan bidang kanan bawah adalah milik server hosting. Fungsi utama Filezilla adalah untuk mengcopy file di bidang kiri bawah ke kanan bawah.

Caranya begini nih...

Pertama-tama klik 'File' di menu bar, lalu klik 'Site Manager'. Maka akan terbukalah board seperti ini,

klik gambar utk memperbesar!

Lihat di kotak sebelah kiri (New Site) yang masih kosong karena anda belum pernah menambahkan website anda. Anda klik tombol 'New Site' di kiri bawah, lalu beri nama folder itu dengan nama domain anda (misalnya 'nama-anda[dot]com). Lalu isilah di kotak sebelah kanan:

Host: www.nama-anda.com
Server type: pilih FTP
Logon type: Normal
User: masukkan username yang sudah diberikan oleh penyedia server hosting anda (biasanya diberikan begitu anda sudah membayar dan hosting anda sudah aktif)
Password: masukkan password yang juga diberikan oleh penyedia server hosting anda.

Kalau sudah, klik 'Connect' dan...voila...anda sudah bisa memindahkan file ke dunia maya.

Bagaimana anda tahu kalo anda sudah tersambung ke server hosting? Lihat bidang di atas bidang kiri atas, di sana terlihat status koneksi ke server hosting anda. Tunggu sampai keluar tulisan 'Directory listing successful', itu berarti anda sudah terhubung dnegan hosting anda.

Kembali ke keempat bidang tadi, di bidang kiri atas bukalah folder file anda, sehingga file HTML-nya terbuka ke bidang kiri bawah. Lalu, carilah di bidang kanan bawah folder bernama 'www'. Folder ini adalah tempat anda meletakkan seluruh file HTML anda. Ingat! JANGAN pernah merubah nama folder ini ya!

klik gambar utk memperbesar!

Sekarang kliklah folder www itu. Bila sudah terbuka, kembali ke file halaman page yang mau dipublish. Anda hanya tinggal men-drag file itu ke bidang sebelah kanan bawah. Ingat! Pastikan flder www-nya sudah terbuka loh! Jangan sampai salah nyemplung di folder lain! Ketika file sudah tercemplung ke bidang kanan bawah, perhatikan status koneksi di atas. Pastikan hingga sudah tertulis "File Transfer Succesful". Maka anda sudah berhasil deh. Tunggu beberapa saat, dan bukalah website anda di browser.

Sekarang website anda sudah 'launching', dan setelah ini kita akan belajar bagaimana supaya website anda makin beken dan mendatangkan banyak traffic pengunjung ke website anda ya! Sampe jumpa....

6 komentar:

Fi mengatakan...

tips dan tutorialnya dah jelas banget cuman tingggal praktiknya aja.

wah tapi hostingku masih gratisan ini gimana ya...

Fanda mengatakan...

@Fi: ya beli dong... Kalo mau serius dimonetize, sebaiknya beli yg berbayar. Murah kok, setahun ga sampe 100 ribu kalo sedikit bandwithnya.

Lifestyle mengatakan...

wah klo mo keliatan lebih profesional, pake hosting yg berbayar ya...
thx infonya mba..

attayaya mengatakan...

hihihihi aku lagi kejar-kejaran ma taufik eeeh trafik

next level mengatakan...

wah....tengkiu ya untuk tulisannya...mo dicobain ahhh....
regards,
www.shanetjia.blogspot.com

kukuh mengatakan...

kok tidak konec ya... error terus...! mohon bantuanya dong... soalnya aku lg belajar

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.